Sabtu, 13 Februari 2010

TUGAS 1 (Manajemen Strategik)

1. PENGERTIAN MANAJEMEN, STRATEGIK, DAN MANAJEMEN STRATEGIK

A. Pengertian Manajemen

Istilah manajemen berasal dari kata management (bahasa Inggris), turunan dari kata “ to manage” yang artinya mengurus atau tata laksana atau ketata laksanaan. Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana cara manajer (orangnya) mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi pembantunya agar usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Banyak ahli yang memberikan definisi tentang manajemen, diantaranya:

1. Harold Koontz & O’ Donnel dalam bukunya yang berjudul “Principles of Management” mengemukakan, “Manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain”.

2. George R. Terry dalam buku dengan judul “Principles of Manajemen” memberikan definisi: “ Manajemen adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

3. James A. F. Stoner, menyatakan bahwa “Manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang-orang”.

4. Drs. Malayu S.P Hasibuan, Manajemen adalah ilmu dari seni mengatur proses pemanfaatan Sumber Daya Manusia dan sumber-sumber secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.

5. Prof. Dr. Sondang P. Siagian, Manajemen ialah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh hasil dalam rangka penyampaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.

6. Marry Parmer Foller, Manajemen adalah seni melestarikan suatu pekerjaan melalui orang lain.

B. Pengertian Strategik

1. Strategik adalah rencana jangka panjang dengan diikuti tindakan-tindakan yang ditujukan untuk mencapai tujuan tertentu, yang umumnya adalah "kemenangan". Strategi dibedakan dengan taktik yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat, walaupun pada umumnya orang sering kali mencampuradukkan ke dua kata tersebut. dll.

2. Strategik adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.Kata "strategi" adalah turunan dari kata dalam bahasa Yunani, stratēgos. Adapun stratēgos dapat diterjemahkan sebagai 'komandan militer' pada zaman demokrasi Athena.

C. Pengertian Manajemen Strategik

1. Manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan lintas fungsional yang dapat memungkinkan suatu perusahaan mencapai sasarannya.

2. Manajemen strategis adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.

3. Manajemen strategis merupakan proses atau rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, disertai penetapan cara melaksanakannya, yang dibuat oleh pimpinan dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran di dalam suatu organisasi, untuk mencapai tujuan.

4. Menurut Pearch dan Robinson (1997) dikatakan bahwa manajemen stratejik adalah kumpulan dan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi.

5. Pengertian manajemen strategis menurut Nawawi adalah perencanaan berskala besar (disebut perencanaan strategi) yang berorientasi pada jangkauan masa depan yang jauh (disebut visi), dan ditetapkan sebagai keputusan pimpinan tertinggi (keputusan yang bersifat mendasar dan prinsipil), agar memungkinkan organisasi berinteraksi secara efektif (disebut misi), dalam usaha menghasilkan sesuatu (perencanaan operaional untuk menghasilkan barang dan/atau jasa serta pelayanan) yang berkualitas, dengan diarahkan pada optimalisasi pencapaian tujuan (disebut tujuan strategis) dan berbagai sasaran (tujuan operasional) organsasi.

2. KEMAMPUAN HARD SKILL & SOFT SKILL YANG DIMILIKI MANAJER

A. Kemampuan Soft Skills yang dimilki oleh seorang manajer

1. dilihat dari istilah sosiologis mencakup :

a. kualitas pribadi – misalnya tanggung jawab, kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi, manajemen (pengendalian) diri, dan integritas atau kejujuran;

b. ketrampilan interpersonal, misalnya berpartisipasi sebagai anggota kelompok, mengajar (berbagi pengetahuan) ke orang lain, melayani pelanggan, kepemimpinan, kemampuan negosiasi, dan bisa bekerja dalam keragaman.

2. dilihat dari karakter/sifat (the custer of personlityl traits) antara lain :

a.. Pribadi yang anggun, rapi, ( social graces)

b. Kepiawaian berbahasa dan berbicara ( facility with language)

c. Kepribadian / Penampilan / pakaian yang sopan ( personal habits) ;

d. Pribadi yang ramah, bersahabat (friendliness) ;

e. Pembawaan optimis pada semua masalah yang dihadapi (optimism that mark each of us to varying degrees)

3. dilihat dari kualitas personal yang terdiri dari :

a. dapat bertanggung jawab,

b. kepercayaan diri,

c. mampu bersosialisasi,

d. elf-management (mampu mengatur diri sendiri) dan integritas/kejujuran.

4. dilihat dari Interpersonal skill yang terdiri dari :

a. leadership (kepemimpinan)

b.. kemampuan bernegosiasi

c. mampu bekerjasama dalam tim

d. mau berbagi ilmu dengan orang lain

e. serta dapat melayani klien/pelanggan

B. Kemampuan Hard Skill yang dimiliki oleh seorang manajer

Hard skill dapat di pahami adalah Kemampuan seseorang yang secara nyata dapat diketahui, bersifat tangible. Hard Skill dapat pula dianggap sebagai Kompetensi keahlian seseorang manajer sebagai usaha mencapai kinerja yang diinginkan. Kompetensi terdiri dari pemikiran komponen dasar yang meliputi :

a. Knowledge (Specific Tchnical Issue : Specific legal & practice issues, Environment issues)

b. Skill (Language & Communication : Interpersonal Skill, Technical Skill, Management & Business Skill)

c. Ethic and Attitude ( Responsibility : Lialibility, Accountability, Integrity )

d. Kemampuan berpikir analitis

0 komentar:

Posting Komentar